Asal Usul Permainan Sepakbola - Cuplikan Gol Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Champions, Bundesliga, Eropa
Bandar Online Terpercaya

Asal Usul Permainan Sepakbola

Permainan Sepakbola Berasal Dari Negara Mana Dan Siapa Penciptanya – Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat di dunia. Bermain sepakbola bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan. Sepak bola dimainkan oleh 11 orang dengan 1 orang berperan sebagai penjaga gawang.

Secara umum sepak bola dimainkan oleh 2 tim dan dimainkan dengan cara menendang bola dan memasukkannya ke dalam gawang. Tim dengan jumlah gol yang terbanyak yang menjadi pemenangnya. Begitu populernya sepakbola di dunia ini, namun pernahkan Anda bertanya permainan sepakbola berasal dari negara mana dan siapa penciptanya.

Permainan sepakbola sebenarnya sudah mulai dimainkan di negara Tiongkok sekitar abad ke 2 dan 3 sebelum masehi tepatnya pada masa dinasti Han. Mereka bermain bola dengan menggiringnya ke sebuah jaring kecil.

Seiring dengan perkembangan waktu, permainan sepakbola juga dimainkan di negara Jepang yang lebih dikenal pada aktu itu dengan nama kemari. Berlanjut pada abad ke 16, permainan sepakbola juga sudah mulai dikenal dan dimainkan di negara Italia.

Perkembangan permainan sepakbola modern yang menggunakan aturan khusus mulai berkembang di negara Inggris. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya kompetisi sepakbola yang diadakan di negara ini.

Namun, karena kompetisi sepakbola yang diadakan lebih sering menimbulkan perkelahian antara pemain dengan penonton. Maka raja yang berkuasa pada masa itu yaitu King Edward III mengambil keputusan melarang permainan sepakbola di Inggris.

Pada tahun 1863, sebuah perkumpulan universitas mulai mempopulerkan kembali permainan sepakbola. Mereka mulai mengadakan kompetisi sepakbola antar universitas dan sekolah. Dengan semakin banyaknya kompetisi yang diadakan membuat minat bermain permainan sepakbola menjadi meningkat. Sejak saat itu permainan sepakbola tidak dilarang lagi di Inggris dengan syarat tidak ada perkelahian dan kekerasan selama kompetisi sepakbola berlangsung.

Semakin berkembangnya permainan sepakbola memunculkan beberapa peraturan permainan sepakbola.  Pada tahun 1869, muncul peraturan baru permainan sepakbola yaitu larangan menggunakan tangan selama bermain.

Berdirinya federasi sepakbola dunia atau yang dikenal dengan FIFA pada tahun 1904, menjadi langkah awal munculnya kompetisi formal permainan sepakbola yang diadakan di setiap negara dan menjadikan permainan sepakbola sebagai salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia.

Mengetahui sejarah sepakbola mengenai pengetahuan permainan sepakbola berasal dari negara mana dan siapa penciptanya akan menambah wawasan Anda tentang dunia sepakbola.

Tidak hanya mengenal pemain dan peraturan dalam permainan sepakbola, Anda juga harus update info mengenai sepakbola. Sebagai salah satu olahraga populer, permainan sepakbola bisa memberikan dampak positif dan negatif.

Dampak positif yang dihasilkan dari bermain sepakbola adalah membuat tubuh Anda sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun akhir-akhir ini banyak kerusuhan yang terjadi selama pertandingan sepakbola.

Efek negatif ini bisa dicegah jika kedua suporter dari masing-masing kesebelasan bisa bersikap sportif dan menerima hasil dengan lapang dada. Kerusuhan yang terjadi selama pertandingan sepakbola bisa menciptakan citra negatif pada permainan sepakbola.

Menjadi pecinta permainan sepakbola memang tidak ada salahnya selama tidak menimbulkan kerusuhan dan merugikan banyak orang. Setiap cabang olahraga mengajarkan jiwa sportif untuk menerima kekalahan dan kemenangan.

Seperti halnya bentuk bola yang bundar, tidak ada yang bisa menjamin tim sepakbola yang besar akan selalu menang melawan tim yang kecil. Ada banyak hal yang mempengaruhi kemenangan suatu tim sepakbola. Salah satuya adalah dukungan dari suporter yang memberi semangat kepada pemain tim sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *